Friday, June 12, 2009

oh negeriku negeri cintaku

ada iklan mama mama liat ada binatang kaya kapal terbang sambil nunjuk capung...

beginilah indonesia, seolah "sok" maju, anak kecil saja lebih kenal pesawat terbang dibanding dengan capung, sambil liat anak saya yang lebih tertarik melihat laptop saya daripada boneka atau guling. Itu hal yang bagus, sayangnya rizqi Allah SWT mulai dicabut, kenikmatan merasakan "aman" duduk di kursi pesawat sudah mulai perlahan "bergeser" jadi "takut".

istri saya 1 tahun yang lalu melempar (membuang) biji qurma ke pasir di samping rumah, biji dari manisan kurma yang udah diawetkan dikirim jauh dari negeri padang pasir itu sekarang sudah tumbuh padahal di pasir bekas "urugan", tidak cuma itu beberapa buah lain pun tumbuh, belimbing wulung, mangga, gingseng, dkk. Inget lagunya koes plus, tongkat batu-pun jadi tanaman.

KURANG APA coba Indonesia, yang saya lebih suka memilih kata Nusantara (karena "Indonesia" sebagian katanya adalah warisan penjajah. Beginilah wajah indonesia tercinta. Orang - orangnya tidak kurang Hi-tech, liat saja daftar pemenang olimpiade dunia 10 tahun terakhir, tidak jarang kita masuk di sana, bagaimana tidak dari kecil sudah belajar kenal atonomi "kapal terbang".

then... (kemudian ?)
tsunami,gempa,banjir, semakin "nakalnya" angin sampe dengan berani selametan bikin nama "puting beliung", lumpur panas, dkk dkk dkk. Nda usah disebutin tar penuh emailnya.

Ada apa dengan "gemah ripah loh jinawi"?  ebiet g ade juga bertanya apakah alam mulai bosan? melihat polah kita?

kinjeng2 (kata bang dani)  berjatuhan, duit udah terbatas boro2 buat beli pesawat, yang busung lapar g makan aja masih banyak, kalau anggota dewan ditanya mending beli pesawat militer atau beli beras buat rakyat, bakal pusing tuh... beli beras nda punya "alat pelindung" nasional, beli kinjeng tp koq banyak yang masih senin kamis karena terpaksa.

kalau kata nenek moyangku yang seorang pelaut, karena kita kebanyakan dosa.

beginilah kalau negeri sedang membayar dosa yang diperbuat. kalau seorang muslim shalat jamaah maka pahalanya dilipat gandakan sampai 27 kali lipat, bagaimana kalau korupsi berjamaah, selingkuh berjamaah, ghibah ngrasani berjamaah (lewat infotainment), zina berjamaah....

he3 bodo amat, yang penting gue kenyang, bisa makan, hujan g kehujanan, panas g kepanasan,tiap hari bisa bales testi, bisa nulis di wall, ikut ndukung GO Green (tapi menanam tanaman belum pernah sama sekali). 

saatnya berubah! mulai dari sekarang, kepak sayap kupu - kupu di china bisa ikut berpengaruh dengan angin di amerika, kebaikan kecil kita yang rutin pasti ada efeknya, berhenti mengeluh dan mulai dari sekarang!

No comments: