Tuesday, September 18, 2007

biRtHdAy

bEbeRapa hAri YAng LaLu....

Beberapa hari yang lalu, beberapa orang memberi ucapan selamat ulang tahun kepadaku, dengan berbagai padanan kata, mulai dari happy birthday, selamat ultah, selamat hari lahir, dsb... Walaupun awalnya aku sempat terlupa tapi ternyata hari itu cukup spesial juga, ada rasa gembira, senang, tapi tidak terluput rasa haru....

kadang bahkan berusaha melupakan hari itu hari kelahiranku, tetapi aku sadar ini tindakan bodoh. Semakin aku berusaha melupakan sesuatu justru semakin aku teringat. Akhirnya kucari cara yang cukup efektif... "menyibukkan diri".

kenapa sih hari itu ingin kulupakan?
sebenarnya tidak sepenuhnya aku ingin melupakan hari itu, tapi hari itu mengingatkan aku pada sebuah rentang waktu, dimana sebenarnya jatah hidupku sudah mulai berkurang....

sesaat aku tertegun, rasanya baru kemarin aku bersembunyi di balik ayahku, menghindari ibuku yang membawa kemoceng (untuk memukul-menghukumku, karena ketahuan berantem dengan adikku). LUcu... karena akhirnya malah ayah dan ibuku yang berantem...

lalu aku lanjutkan flashback... rasanya baru kemarin aku menggendong tas ransel merah, lengkap dengan topi merah putih, berangkat upacara, selesai upacara duduk di kelas 1 SD Kranji III, di Depan meja ibu guru, muridnya penuh akhirnya aku duduk bertiga dalam 1 bangku. Di sebelahku ada murid wanita, untungnya anak kecil belum kepikiran macam - macam...

malam itu aku lembur, wayangan (begadang), besok ujian EBTANAS SD, aku sendirian di rumah, orang tua sedang keluar, tiba - tiba aku ketakutan (rumahku agak menyeramkan) aku lari keluar, jongkok di luar rumah sampai orang tuaku datang...

aku berangkat berempat bersama teman satu kelas, kelas IIIA ke Jogja, berbekal uang 20ribu aku berangkat. Awal naik bis, kami datang jam 8 malam, karena uang tidak cukup kami tidur di mushala stasiun tugu, baru jam 11 malam temanku kehilangan sandal... Kami takut, kami coba cari "penginapan yang lebih layak", sekitar jam 1-3 (agak lupa) dini hari kami tidur di Emperan masjid at tahkim. Paginya bangun berangkat melanjutkan misi "mulia" kami, mencari kaos kelas. di C59 jalan kesehatan no 2.Sampai sore, sampai kami kehabisan bekal, sampai akhirnya kami tersadar kalau kami tersesatttt.... 4 orang anak SMP mencari alamat C59 untuk pesan kaos jumper ternyata yang ditemukan di alamat tersebut adalah penjual mie ayam...

malam itu aku janjian dengan sahabatku saling membangunkan, UMPTN sebentar lagi, kami harus segera memperisiapkan banyak hal untuk masa depan, setelah 3 tahun aku lewati masa happy - happy bersama rekan - rekan tercinta, sekarang saatnya ikhtiar...

pengumuman UMPTN akhirnya menyatakan aku diterima di Elektro UGM, malam dini hari aku buka di internet, dari jam 12 malam dan baru jam 3 pengumuman bisa di buka, aku tidak bisa tidur saking senangnya, (beginilah perasaan anak desa... :) )

malam itu jam12 malam aku harus siapkan pendadaran, dan alhamdulillah beberapa bulan kemudian setelah 4 tahun 9 Bulan 10 hari (kaya mau melahirkan aja) aku lulus...

........

semuanya terasa cepat, aku pejamkan mataku sebentar, rasanya baru kemarin aku memilih tas untuk persiapan kenaikan tahun ajaran baru di SD. sekarang sudah 25thn aku berada di atas dunia ini... rasanya baru kemarin, tidak terasa, sungguh cepat waktu terlewat. Aku mulai membayangkan ke depan, suatu saat nanti aku berbaring, kulit sudah keriput, anak dan cucu - cucuku duduk mengelilingi aku, dan aku kembali memejamkan mata sambil merenung, sungguh cepat Allah memberiku usia, sekarang saatnya aku pulang mempertanggung jawabkan tingkah lakuku. Teringat nasehat ustadz, usia adalah rentang waktu yang engkau habiskan bersama kebaikan!

pejamkanlah mata sejenak, renungkan kembali masa - masa indah, rasanya sungguh cepat terlewat, dan sadarlah waktu itu terlewat dengan cepat, dan saat hari pertanggung jawaban itu tiba, sudah tidak tersisa waktu menambah amalan baik....

karena itulah terkadang aku ingin melupakan usiaku...

Alhamdulillah, hingga 25 tahun, berbilang waktu, Engkau titipkan dan Engkau berikan kesempatan yang luar biasa, banyak cerita indah dari kisah hidup yang bisa terlewati, Engkau berikan pertolongan luar biasa untuk melewati setiap ujian, Engkau begitu Maha Pemurah, selalu mengurai jalan keluar untukku atas setiap kesulitan dan kezhaliman yang aku buat sendiri Alhamdulillah...

Rabb, Allah Yang Maha Pengampun, Ampunilah diriku atas segala salah dan khilaf, atas segala waktu yang terlewat bersama kesia - siaan dan keburukan. Sungguh aku zhalim, sungguh aku yang menzhalimi diri sendiri, jika bukan Engkau, kepada siapa aku memohon pertolongan dan ampunan. Ampunilah aku...

No comments: